Beranda
Cari

Jenis dan Model Sepatu Terbaru Pria Terkini

Ditulis Oleh Terakhir Diperbarui

Sepatu memiliki macam-macam jenis, model serta fungsi dan kegunaannya masing-masing. Kali ini kita akan membahas tentang berbagai jenis dan model sepatu yang ada di dunia dan indonesia, tentu akan kita bahas secara tuntas dan mendalam.

Pengelompokan jenis dan model sepatu biasanya dilakukan berdasarkan fungsi atau tipenya, seperti yang kita ketahui beberapa jenis sepatu memiliki bentuk dan kegunaan masing-masing, seperti jenis sepatu pesta untuk acara pesta, jenis sepatu kerja (formal) untuk bekerja, jenis sepatu santai (casual) untuk acara yang sifatnya santai, jenis sepatu sekolah untuk sekolah dan jenis sepatu olahraga untuk berolahraga

Langsung saja berikut beberapa jenis sepatu pria dengan model terbaru yang lagi trend di dunia saat ini.

1. Jenis Sepatu Pesta

Jenis dan model Sepatu Pesta Pria

Sepatu pesta adalah jenis sepatu yang biasanya digunakan di acara pesta seperti, pernikahan, ulang tahun teman atau keluarga. Model sepatu pesta biasanya berbentuk elegan tidak kaku dan warnanya yang mencolok.

2. Jenis Sepatu kerja (formal)

Sepatu Kerja atau formal adalah jenis sepatu yang biasanya digunakan orang ketika melakukan kegiatan formal seperti urusan pekerjaan dan pekerjaan sehari-hari. Untuk pria bisa juga digunakan untuk acara pesta.
Bentuk, model dan kekuatan sepatu kerja biasanya di sesuaikan dengan jenis perkerjaannya.

Sepatu untuk kerja lapangan berbeda dengan sepatu kerja kantoran.
Sepatu kerja lapangan di desain untuk melindungi kaki dari berbagai macam bahaya saat bekerja. Berbeda dengan sepatu kerja kantoran yang didesain elegan lebih halus dan tetap elegan.
Berikut beberapa model sepatu yang biasa digunakan untuk bekerja dan kegiatan formal.

Rekomendasi Produk Fashion Pria
✔ Jual Sepatu Kerja Pria (Formal) Model Terbaru
- Pantofel Pria
jenis dan Model Sepatu Pantofel Pria
Model Sepatu Pantofel Pria ©Bhinneka.com
Sepatu Pantofel ini memiliki banyak model, mulai dari memakai tali, perekat atau selop/sepatu langsung. Sepatu pantofel selain untuk bekerja dan kegiatan formal, sepatu ini juga bisa digunakan untuk kegiatan acara non formal. Karena desainnya yang elegan dan terlihat lebih tampan jika memakainnya.

- Oxford Pria
Jenis dan Model Sepatu Oxford Pria
Model Sepatu Oxford Pria ©Postimg.org
Sepatu Oxford dianggap sebagai salah satu sepatu paling mewah, formal, berkelas dan ramping. Dengan model talinya yang tertutup dan pada bagian tali tersebut di jahit membuat tampilan Anda terlihat lebih berkelas.

- Derby Pria
Jenis dan Model Sepatu Derby Pria
Model Sepatu Derby Pria ©Sagayastore.com
 Model sepatu derby tidak memiliki jahitan yang tertutup layaknya sepatu oxford.
Sepatu derby memiliki jenis tali yang terbuka seperti terlihat di foto, jenis tali seperti memudahkan kita untuk menggunakan dan membuka tali seepatu. Sepatu derby dikenal juga sebagai blucher, cocok digunakan untuk menghadiri event tertentu.

- Monk-Strap Pria
jenis dan Model Sepatu Monk-Strap Pria
Model Sepatu Monk-Strap Pria ©Flickr.com
- Opera Pump Pria

Jenis dan Model Sepatu Opera Pump Pria
Model Sepatu Opera Pump Pria ©Footmonkey.jp
- Boots Formal Pria
Jenis dan Model Sepatu Boots Formal Pria
Model Sepatu Boots Formal Pria ©Tokopedia.com
- Dress Boots Pria
Jenis dan Model Sepatu Dress Boots Pria
Model Sepatu Dress Boots Pria ©Footwearpedia.com
- Chelsea Boots Pria
Jenis dan Model Sepatu Chelsea Boots Pria
Model Sepatu Chelsea Boots ©Numakuraryokan.com
- Chukka Boots Pria
Jenis dan Model Sepatu Chukka Boots Pria
Model Sepatu Chukka Boots Pria ©linx4.com
- Apron Toe Pria

Jenis dan Model Sepatu Apron Toe Pria
Model Sepatu Apron Toe Pria ©Lihat.co.id
- Loafers Pria
Jenis dan Model Sepatu Loafers Pria
Model Sepatu Loafers Pria ©royalfashionist.com

3. Jenis Sepatu santai (casual)

Sepatu santai atau casual adalah sepatu yang biasa digunakan di acara yang sifatnya santai non formal seperti acara keluarga dan teman. Bisa juga digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Jenis sepatu casual atau santai biasanya berbentuk tidak kaku, simple, luwes dan ringan saat digunakan. Jenis sepatu ini mengedepankan rasa nyaman untuk penggunanya.
Berikut beberapa model sepatu yang termasuk jenis sepatu santai (casual)
- Kets / Sneakers Pria
Jenis dan Model Sepatu Kets Sneakers Pria
Model Sepatu Kets Sneakers Pria
Sepatu Kets dan Sneakers sejatinya sama, bentuk sepatunya tidak ada perbedaan sama sekali, hanya penyebutannya saja yang berbeda. Kets dan Sneakers sama-sama jenis sepatu yang bisa digunakan untuk berolahraga dan santai (casual). Sepatu jenis ini bisa dibilang multi fungsi.

- Slip-On Pria
Jenis dan Model Sepatu Slip-On Pria
Model Sepatu Slip-On Pria, Gambar dari Elevenia.co.id

Model Sepatu Slip-On sekilas mirip dengan Sneakers, yang membedakannya sepatu Slip-On tidak mempunyai tali di sepatunya. Jika ingin memakai sepatu model ini tinggal masukan kaki saja tanpa perlu repot mengikat tali sepatu, lebiih simple dan praktis. 

- Boots Fashion Pria
 
Jenis dan Model Sepatu Boots Fashion Pria
Model Sepatu Boots Fashion Pria, Gambar dari Maskoolin.com

Sepatu Boots memiliki bahan cukup kuat dan tahan lama, biasanya model sepatu boots terbuat dari bahan kulit. Umumnya sepatu ini biasa digunakan untuk melindungi kaki dari cuaca dingin, air, lumpur sampai cuaca yang ekstrim. Namun seiring dengan perkembangan Zaman sepatu boots bisa digunakan untuk keperluan lain salah satunya bisa digunakan untuk Fashion terutama untuk kegiatan Casual (santai).

- Espadrilles Pria
Jenis dan Model Sepatu Espadrilles Pria
Jenis dan Model Sepatu Espadrilles Pria, Gambar dari id.aliexpress.com

4. Jenis Sepatu Olahraga

Sepatu Olahraga adalah jenis sepatu yang di khususkan untuk keperluan berolahraga, Jenis, bentuk, model dan kekuatannya tergantung jenis olahraganya,
Meskipun sama-sama olahraga, jenis sepatu olahraga dengan jenis olahraga lainnya terkadang bentuk, model dan fungsinya berbeda satu dengan yang lainnya.

Contohnya, jenis sepatu sepak bola mempunyai duri di bawah sepatunya, berbeda dengan jenis sepatu futsal yang tidak mempunyai duri di bawah sepatunya. Contoh lainnya yaitu jenis sepatu roda, seperti yang kita ketahui sepatu roda pasti mempunyai roda di bawah sepatunya.

Meskipun begitu yang membedakan jenis sepatu olahraga dengan jenis sepatu lainnya yaitu karena kekuatan sepatunya. Sepatu jenis ini di desain agar pemain lebih leluasa bergerak dan tidak mudah rusak. Berbeda dengan jenis sepatu lainnya yang biasanya tidak tahan benturan dan jebol jika dipakai  untuk berolahraga.

Berikut beberapa jenis olahraga yang mempunyai sepatu khusus sesuai jenis olahraganya.
- Sepatu Sepak bola

Jenis dan Model Sepatu Sepak bola
Model Sepatu Sepak bola
Seperti yang sudah dijelaskan di atas karakteristik dari sepatu sepak bola, yaitu mempunyai duri atau gigi / pul di bawah sepatu. Fungsi dari gigi atau pul tersebut adalah agar pemain tidak mudah terpeleset dan jatuh saat di atas lapanan, gigi-gigi tersebut mencengkram dan menancap di rumput membuat pemain lebih nyaman saat bermain sepak bola. Bentuk sepatu sepak bola juga terlihat ramping, hal tersebut berfugsi untuk memberi kemudahan pemain dalam menggiring, menggocek dan menendang bola.

- Sepatu Futsal
Jenis dan Model Sepatu Futsal
Model Sepatu Futsal, Gambar dari Bolafutsal.org

Model Sepatu sepak bola dengan sepatu futsal bisa dibilang hampir mirip. Perbedaan mencolok hanya di bagian bawah sepatu. ada juga sepatu futsal yang memiliki pul-pul kecil dengan jumlah banyak namun tidak telalu panjang seperti pul sepatu sepak bola. Itu semua disesuaikan dengan jenis lapangan futsal yang dipakai. Beberapa jenis lapangan futsal, rumput sintetis, parqutte, karet, semen, teraflex dan interlock.

- Sepatu Bulu Tangkis/Badminton
Jenis dan Model Sepatu Bulu Tangkis/Badminton
Jenis dan Model Sepatu Bulu Tangkis/Badminton, Gambar dari Tokopedia.com
Model Sepatu badminton atau bulu tangkis biasanya memiliki bentuk tidak licin serta memiliki bahan bagian dalam dan alas kaki yang berbeda dari jenis sepatu lainnya. Itu dibuat agar pemain badminton lebih nyaman dan fleksibel bergerak ke segala arah, kiri, kanan, belakang, depan dan melompat menggapai kok diudara. Sepatu badminton juga dilengkapi sedikit busa, untuk kenyamanan pemain saat menggunakannya.

- Sepatu Lari/Running
Jenis dan Model Sepatu Lari/Running
Model Sepatu Lari/Running


- Sepatu Tenis
Jenis dan Model Sepatu Tenis
Model Sepatu Tenis, Gambar dari Duniatenis.com


- Sepatu Basket
Jenis dan Model Sepatu Basket
Model Sepatu Basket, gambar dari Grosirsepatuimport.com



- Sepatu Golf
Jenis dan Model Sepatu Golf
Model Sepatu Golf, Gambar dari Bukalapak.com


- Sepatu Voli
Jenis dan Model Sepatu Voli
Model Sepatu Voli, Gambar dari Neosportsshops.com


- Sepatu Mendaki Gunung
 
Jenis dan Model Sepatu Mendaki Gunung
Model Sepatu Mendaki Gunung, Gambar dari Lazada.co.id


- Sepatu Balap Motor 

Jenis dan Model Sepatu Balap Motor
 Model Sepatu Balap Motor, Gambar dari Hrp76racing.com

- Sepatu Roda
Jenis dan Model Sepatu Roda
Model Sepatu Roda


5. Jenis Sepatu Sekolah
model sepatu kets sneakers sekolah
Model Sepatu Kets Sneakers Sekolah, Gambar dari Tokohdshoes.com
Sepatu sekolah adalah aksesoris seragam sekolah yang wajib dimiliki oleh siswa sekolah baik dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA maupun jenjang yang lebih tinggi yaitu perguruan tinggi atau kuliah.

Biasanya untuk siswa SD, SMP dan SMA diharuskan menggunakan sepatu dengan model kets warna hitam dan memakai kaos kaki putih. Ada juga Sekolah yang mengaruskan meggunakan sepatu yang bertali ada juga yang membebaskannya dan peraturan sekolah lainnya. Kebanyakan siswa sekolah SD, SMP dan SMA, menggunakan sepatu model Kets / Sneakers dengan jenis casual atau santai.

Untuk Perguran tinggi atau kuliah biasanya dibebaskan oleh kampus tempatnya belajar. Semua jenis sepatu cocok untuk digunakan terutama jenis sepatu yang Casual dan Santai. Jika ingin tampil keren, elegan dan maksimal lebih baik memilih sepatu sesuai jurusan masing-masing.

  • Slip-On cocok untuk mahasiswa seni dan desain
  • Sneakers cocok untuk mahasiswa ekonomi
  • Chelsea Shoes atau Pantofel cocok untuk mahasiswa hukum
  • Monk Strap cocok untuk mahasiswa pendidikan
  • Loafers cocok untuk mahasiswa kedokteran
  • Jenis Sepatu Running atau Training cocok untuk mahasiwa keolahragaan
Memiliki sepatu yang keren, model terbaru, sedang trend masa kini atau zaman sekarang menjadi hal penting untuk dilakukan agar penampilan kita menjadi lebih sempurna dan maksimal. Meskipun dengan budget terbatas, kita pasti ingin memiliki sepatu dengan harga murah dan model terbaru, apalagih jika sedang ada diskon besar besaran. Meskipun murah tentu kita ingin sepatu murah dan berkualitas tinggi.

Meskipun begitu kita harus memilih sepatu secara cermat dan yang paling penting sesuai dengan kebutuhan kita. Jangan sampai membeli sepatu namun tidak sesuai dengan kebutuhan kita. Penting sekali memilih jenis sepatu yang tepat untuk kebutuhan kita.

Itulah beberapa jenis dan model sepatu pria yang ada di dunia saat ini, semoga apa yang telah dijabarkan secara lengkap bisa membantu Anda untuk memilih sepatu sesuai kebutuhan Anda saat ini.
a1j2p3
sepatu